• (021) 4759164
  • humas@perguruandiponegoro.sch.id
  • Jl. Sunan Giri No. 5, RT.8/RW.15, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta,13220
  • Berita

    ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING (AMT) 2018 SMP DIPONEGORO 1

    Memasuki tahun 2019, sebagian besar orang mengidentikan dengan tahun politik. Tapi bagi kami pendidik, memasuki tahun 2019 berarti siap-siap menghadapi ujian. Mulai dari Ujian Praktek, Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kegiatan ujian tersebut sudah dimulai dari bulan Februari dan berakhir saat pelaksanaan UNBK pada tanggal 22 – 25 April 2019.

    Menghadapi ujian khususnya UNBK, maka sejak bulan September 2018 SMP DIPONEGORO 1 Jakarta mengadakan bimbingan belajar setiap hari Sabtu khusus untuk siswa kelas 9. Mata pelajaran yang di bimbelkan adalah mapel yang ada di UN yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.
    Selain bimbel, para siswa juga melaksanakan try out UN yang bertujuan membiasakan siswa dengan suasana saat UNBK.

    Orang bijak mengatakan, “Doa tanpa usaha adalah sia-sia, Usaha tanpa doa adalah sombong”. Doa dan usaha tidak dapat dipisahkan. Agar ikhtiar yang dilakukan tidak menjadi sia-sia dan diri ini tidak menjadi sombong maka pada tanggal 11Januari 2019, siswa-siswi SMP DIPONEGORO 1 mengadakan AMT (Achievement Motivation Training) dan Munajat.

    AMT dimulai dengan kegiatan sharing session oleh 6 orang alumni pada pukul 17.00. Setelah sholat maghrib dan dzikir dilanjutkan dengan makan malam yang disediakan oleh WOTK 9. Pukul 20.00 – 22.00 para siswa mendapat edukasi dari Kang Jay tentang bagaimana melatih diri menghadapi ujian dan peduli terhadap lingkungan ( orang tua, keluarga, teman dan guru). Saat para siswa menangis, mengenang dan menyesali kesalahan2 yang pernah dilakukan, tiba-tiba lampu ruangan dinyalakan. Dan betapa kagetnya mereka, menyadari bahwa ayah ibu mereka telah berada disebelahnya. Suasana haru tak terbendungkan. Anak2 berpelukan. Minta maaf dan mohon doa restu kepada kedua orang tuanya. Semua terharu dan menitikkan air mata. Laki, perempuan, siswa, orang tua, guru tanpa kecuali larut dalam suasana haru.

    Mengakhiri suasana haru, kami menuju hidangan penghangat di malam hari yang disediakan oleh WOK. Ada cucur, donat, arem2, susu coklat, mi rebus, martabak, sate padang dan banyak lagi. Setelah acara ramah tamah ini selesai, orang tua kembali ke rumahnya masing2 dan para siswa dan guru bermalam di sekolah.

    Pkl 02.30 para siswa dibangunkan untuk melakanakan qiyamul lail hingga subuh tiba. Sekitar pukul 06.00 para siswa sarapan nasi uduk yang disediakan oleh WOK. selesai sarapan para siswa diperbolehkan pulang ke rumahnya masing2.

    Tags

    Leave a comment

    This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.