Berita

Peringatan 10 Muharram 1443 H

Bulan Muharam adalah bulan istimewa umat Islam. Selain peringatan Tahun Baru Hijriah pada tanggal 1 Muharam, sebagian masyarakat bahwa tanggal 10 Muharram adalah hari Raya atau Lebaran Anak Yatim.

Sehubungan dengan bulan Muharram, pada hari Jumat 20 Agustus 2021 Yayasan Al Hidayah Jakarta – Perguruan Diponegoro yang menaungi SMP-SMA-SMK Diponegoro 1 dan 2 mengadakan kegiatan Santunan Anak Yatim, bertepatan dengan 10 Muharram 1443 Hdalam ajaran Islam yang dikenal sebagai Hari Asyura.

Hari Asyura daimbil dari bahasa Arab yang berarti hari kesepuluh, merujuk pada 10 Muharram pada penanggalan Hijriah. Dihari inilah umat Islam melaksanakan puasa sunah untuk mohon pengampunan dan mengharap ridlo dan pahala Allah SWT.

Terkait hal tersebut diatas  Yayasan Al-Hidayah Jakarta – Perguruan Diponegoro bekerjasama dengan Masjid Jami Al Hidayah Rawamangun melaksanakan kegiatan pemberian santunan kepada 462 Anak Yatim di lingkungan sekolah Perguruan Diponegoro Rawamangun dan Cakung.

Kegiatan diawali dengan acara Dzikir bersama seluruh warga sekolah Perguruan Diponegoro yang diikuti  kurang lebih 1.700 peserta, teridiri dari Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, Q.S. Arrahman yang dibacakan oleh perwakilan peserta santunan anak yatim.

Pada kesempatan acara, hadir Wakil Camat Pulogadung, Lurah Rawamangun dan lurah Cakung Timur yang sangat memberiapresiasi positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan diakhiri dengan pemberian paket santunan yang berkah untuk para yatim.

Selamat Hari Asyura 10 Muharram 1443 H. 

Leave a comment