• 021 475 9164
  • perg_dipo@perguruandiponegoro.sch.id
  • Jl. Sunan Giri No. 5 Rawamangun Jakarta Timur 13220
  • News

    Pendidikan Karakter TP. 2023/2024

    Pendidikan karakter didefinisikan sebagai usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik  sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak bersandarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Pendidikan Karakter harus selalu diajarkan, dijadikan kebiasaan, dilatih secara konsisten dan kemudian barulah menjadi karakter bagi peserta didik.

    Sekolah Diponegoro mempunyai kegiatan yang rutin dilaksanakan pada tahun pelajaran baru untuk para peserta didik baru, kegiatan ini adalah kegiatan Pendidikan Karakter. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membentuk karakter para peserta didik baru dimana yang sebelumnya masih kurang mandiri atau disiplin, akan di latih untuk membiasakan diri menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, taat beribadah, dan lain sebagainya.

    Kegiatan Pendidikan Karakter dilaksanakan bekerjasama dengan RINDAM JAYA, dimana semua pelatihnya berasal dari instansi militer yaitu TNI AD. Pelatihan disini bukanlah pelatihan kemiliteran, akan tetapi pelatihan pendidikan karakter yang dilakukan oleh RINDAM tentu saja porsinya yang sesuai untuk peserta didik. Untuk Pelaksanaannya adalah Tanggal 27 & 28 Juli 2023 untuk Unit Rawamangun dan Tanggal 3 & 4 Agustus 2023 untuk Unit Cakung. Untuk pelaksanaan Pendidikan karakter dilaksanakan selama 2 Hari 1 Malam di RINDAM JAYA. Untuk Unit Rawamangun pesertanya sebanyak 490 Peserta Didik dan Untuk Unit Cakung pesertanya sebanyak 312 Peserta Didik.

    Di dalam pendidikan karakter terdapat banyak kegiatan yang sangat mendidik, ada wawasan kebangsaan, pelajaran baris berbaris, dan lain sebagainya. salah satu kegiatan yang sangat menarik adalah kegiatan mountenering  yang bertujuan untuk membantu para peserta didik melawan rasa takut pada diri mereka agar bisa menumbuh kembangkan potensi yang ada dalam diri mereka.

    Leave a comment