• 021 475 9164
  • perg_dipo@perguruandiponegoro.sch.id
  • Jl. Sunan Giri No. 5 Rawamangun Jakarta Timur 13220
  • News

    Pelantikan Pengurus OSIS & MPK Masa Bakti 2023-2024 SMP-SMA-SMK Diponegoro 1

    Organisasi Siswa Intra Sekolah atau disingkat menjadi OSIS merupakan sebuah organisasi yang berada di lingkungan sekolah. OSIS menjadi tempat penyaluran ide, gagasan, maupun sebagai wadah aspirasi bagi siswa/i di lingkungan sekolah tersebut. Selain OSIS ada juga MPK (Majelis Permusyawarahan Kelas). OSIS dan MPK menjadi suatu organisasi yang penting di dalam sekolah karena OSIS dan MPK menjadi salah satu jembatan antara para siswa dan guru, juga menjadi pelopor dalam setiap kegiatan sekolah yang dilakukan. Dalam seleksinya juga tidak semua siswa bisa menjadi anggota OSIS dan MPK . Ada beberapa tahap seleksi yang dilaksanakan untuk memilih kandidat calon pengurus OSIS dan MPK. Seleksi yang dilakukan adalah tes kesehatan, tes fisik, tes pengetahuan dan lain sebagainya. Dalam setiap tahapan seleksi pasti akan ada siswa yang tereliminasi. Disinilah para siswa terbaik akan terlihat dari hasil seleksi tersebut.

    Perguruan Diponegoro memiliki kegiatan tahunan untuk pemilihan OSIS dan MPK. Setelah kemarin melaksanakan LDKS Materi dan LDKS Lapangan maka selanjutnya adalah puncak dari acara tersebut yaitu LALINJOE (Lari Lintas Joeang) dan Pelantikan Anggota OSIS-MPK Masa Bakti 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP-SMA-SMK Diponegoro 1 Rawamangun pada hari Sabtu,16 September 2023. LALINJOE adalah kegiatan dimana para calon pengurus OSIS melakukan Lari Pagi didampingi oleh para pelatih dari GRUP 1 KOPASSUS. Untuk rute lari ini berjarak kurang lebih 10 KM. dimulai dengan Start di Masjid Istiqlal dimana mereka semua melakukan sholat shubuh berjamaah disana. Kemudian melakukan pemanasan di halaman masjid Istiqlal dan mulai melakukan lari sampai dengan finish, untuk finish berada di Sekolah.

    Setelah para calon pengurus OSIS dan MPK ini tiba disekolah mereka akan segera disambut oleh para orangtua peserta didik dan langsung melakukan upacara pelantikan OSIS dan MPK. Dalam upacara ini suasanya sangat khidmat dan ini adalah acara yang sakral dimana mereka semua akan segera dilantik dan disahkan menjadi Pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2023/2024. Dalam pelantikan ini ada prosesi pengukuhan, dalam prosesi pengukuhan ini mereka akan disemprotkan air bersih langsung dari truk pemadam kebakaran. Kegiatan ini adalah puncaknya dari pelantikan. Selanjutnya mereka akan dipakaikan jaket pengurus OSIS dan MPK yang baru oleh orang tua atau keluarga masing-masing.

    Leave a comment